Rabu, 15 Desember 2010

MH Thamrin layak dijadikan tauladan BETAWI

Pemikiran MH Thamrin Layak Dijadikan Tauladan Bagi Generasi Muda Betawi





Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berharap kepada generasi muda Betawi meneladani apa yang diperbuat MH Thamrin.

"Pemikiran dan perjalanan MH Thamrin layak dijadikan tauladan bagi generasi penerus Bamus Betawi saat ini," kata Bang Fauzi-sapaan akrab Fauzi Bowo saat acara seminar nasional Pra musyawarah besar (Mubes) Badan Musyawarah (Bamus) Betawi dengan tema "Membedah Pemikiran Progresif MH THamrin", Kamis (10/1).

Menurut Bang Fauzi, para penerus di Bamus ini juga tidak harus fokus pada pembangunan Jakarta saja, tetapi kalau bisa lingkupnya lebih global lagi.

"Semangat MH Thamrin yang sangat besar dalam merintis kemerdekaan bangsa jangan memudar pada generasi muda sekarang. Seharusnya, apa yang diperbuat menjadi inspirator bagi pemuda sekarang," terangnya.

Dalam sosok Thamrin, kata Bang Fauzi, banyak unsur yang dapat dipelajari, misalnya saja kesederhanaan seorang pemimpin untuk menuju kemerdekaan. "Memang jaman perjuangan dulu tidak sama dengan sekarang, namun kita masih bisa meneladani perilaku Thamrin sebagai seorang pemimpin yang rendah hati," ujarnya.

Bang Fauzi dalam kegiatan ini juga menyinggung peran masyarakat Betawi dalam mengentaskan kemiskinan yang masih kurang. Padahal, rata-rata warga Betawi di Jakarta berpendidikan tinggi.

"Kemiskinan hanya bisa diberantas dengan pola pikir yang maju. Data pilkada lalu, sebagian besar warga Jakarta banyak yang berpendidikan sarjana tetapi sedikit yang berpikiran maju," tegasnya.

Padahal, lanjut Bang Fauzi, buyut Betawi mengajarkan pendidikan pada anak-cucu Betawi agar mereka bisa menjadi panutan bagi orang lain. "Dulu buyut kita lebih menekankan pada pendidikan agama, makanya sampai sekarang anak Betawi banyak yang pintar mengaji. Modal pendidikan agama ini harus menjadi pedoman dalam menempuh pendidikan tinggi lainnya, jangan malah diabaikan," katanya.

Lebih lanjut Bang Fauzi bergarap, ke depannya, para penerus Bamus Betawi bisa memberikan sumbangan pemikiran dalam membangun bangsa karena masa depan bangsa berada di pundak generasi muda.

"Orang Betawi tidak hanya menjadi jago kandang, tapi menjadi tokoh terkemuka dalam forum-forum nasional maupun internasional," pungkasnya.

Perlu diketahui, sosok Muhammad Husni (MH) Thamrin yang merupakan salah satu pahlawan nasional dan putera Betawi menginsiprasikan berbagai pihak untuk berjuang demi kemerdekaan. Perjalanan hidup dan pemikiran Thamrin yang sarat makna ini patut dijadikan teladan bagi generasi muda Jakarta.

Tidak ada komentar: